Cinta bersemi di balik jeruji besi

Cinta dapat datang kapan dan dimana saja

Cinta datang tak mengenal tempat dan waktu- Cinta adalah anugerah Tuhan yang dapat membuat dunia ini menjadi dinamis, tanpa cinta, aku, kamu dan kalian tidak akan pernah ada di Dunia ini. 

Kata cinta memang sudah tidak asing lagi saya dengar karena saya memang sudah tahu kata cinta itu meskipun saya tidak terlalu banyak mendalaminya karena intepretasi cinta itu relatif. Cinta itu bisa diartikan sebagai kasih, tertarik, memberi, berkorban dan masih banyak arti lain daripada cinta itu. 

"Cinta......"

Ya cinta, karena cinta itu ada, maka ada juga kisah ini, yaitu kisah yang terjadi dibalik jeruji besi...

Cinta datang begitu saja tanpa ada yang meminta, sama halnya cinta tersebut hinggap di hati Warga Binaan Pemasyarakatan yang sedang menjalani masa pembinaan di Rutan. Saya bisa ceritakan ini karena kebetulan mereka adalah Warga Binaan di Rutan tempat saya bekerja. 

Dua kisah cinta yang berbeda bak drama romantis di Rutan tempat saya bekerja... 🤣


Kisah Cinta I

Cinta mempertemukan dua orang yang mengalami nasib yang sama, sebenarnya mereka masuk ke dalam Rutan karena bersama-sama terlibat dalam kasus narkoba, namun mereka bukan merupakan pasangan yang sah, mereka adalah Bunga dan kumbang ( Nama samaran).

Bunga dikabarkan telah memiliki suami dan anak, mereka semua tinggal di Jawa sana. sedangkan si Bunga mengadu nasib ke Bali, menurut pengakuan bunga, dia telah bercerai dengan suaminya dan membiarkan hak asuh anaknya jatuh kepada mantan suaminya itu. 

Di Bali bunga bertemu dengan si Kumbang, dan mulai menjalin asmara. entah bagaimana cara mereka berusaha mendapatkan rejeki sampai akhirnya mereka terciduk (digrebek) oleh polisi sedang berpesta narkoba yang membuat mereka sama-sama terpaksa meringkuk dibalik jeruji besi.

Hari-demi hari mereka lalui bersama di dalam Rutan, membuat kebersamaan mereka bertambah dan cinta mereka semakin bersemi pula. Yah.... mungkin ini adalah cara mereka sama-sama memberikan semangat dan motivasi dalam menjalani hukuman di penjara agar tidak terlalu merasa tertekan dengan kondisi didalam penjara yang serba terbatas.

"Cinta menguatkan dua insan.."

Yang menjadi pertanyaan saya adalah akankah cinta mereka berlanjut ketika salah satu dari mereka bebas dari masa pembinaannya di dalam Rutan?? Itu saya juga tidak tahu dan mereka juga tidak tauhu, namun mungkin mereka memiliki perjanjian sendiri apakah cinta mereka akan berlanjut atau cukup menjadi kisah dibalik jeruji besi saja?

Tetapi ada kisah lain yang tidak berkaitan dengan kisah cinta di atas dapat menjawab pertanyaan saya walaupun dilakukan oleh dua insan yang berbeda pula..

Maksudnya cinta mereka tidak berakhir hanya pada masa-masa pembinaan saja, tetapi cinta mereka kuat hingga berlanjut sampai salah satu dari mereka keluar dari masa pembinaan alias bebas. 

Kisah Cinta II

Sebut saja Mentari (nama samaran) dulu menjadi Warga Binaan Pemasyarakatan di Rutan tempat saya bekerja dengan kasus narkoba. Mentari dikenal sebagai wanita pemuas hasrat lelaki sekaligus pengguna narkoba. Nasib telah membawanya masuk kedalam masa pembinaan (menjadi Warga Binaan {Pemasyarakatan).

Saat menjalani masa-masa pembinaannya di Rutan, Masuklah seorang lelaki dengan kasus yang sama, sebut saja lelaki itu bernama Jaka. Jaka sepertinya tertarik dengan penampilan fisik si Mentari, membuat Jaka memberanikan diri mendekati si Mentari. Hmm.... Seperti yang saya katakan di atas, bahwa cinta datang tidak mengenal siapa, tidak mengenal waktu, dan tidak mengenal tempat...

Jaka memberanikan diri mengungkapkan cintanya kepada Mentari, Bak gayung bersambut, ternyata cinta Jaka tidak bertepuk sebelah tangan. Mentari mengiyakan ajakan Jaka untuk saling menjalin asmara di balik jeruji besi.

Karena Mentari lebih dahulu masuk kerutan sehingga masa-masa pembinaannya akan berakhir, dan membuat Jaka bersedih karena mengira kisah cintanya akan segera berakhir..😂

Saat hari bebas Mentari tiba, Jaka terlihat begitu sedih, namun Mentari meyakinkan Jaka kalau dirinya tidak akan meninggalkannya. 

Betul apa yang dikatakan oleh mentari, hingga saat ini Mentari masih setia mengunjungi Jaka saat-saat hari kunjungan di Rutan, baik itu kunjungan biasa maupun kunjungan bebas.

"Cinta itu tulus dan ikhlas..."

Begitu sekelumit kisah cinta dibalik jeruji besi...

Cinta datang tiba-tiba, bahkan bisa pergi juga dengan tiba-tiba, tidak ada yang mampu memprediksinya. Cinta bertahan tergantung kuatnya insan itu berkomitmen terhadap cinta itu sendiri.

Apakah Cinta itu adalah rasa yang tetap?

Tidak juga..

Buktinya Bunga pisah dengan suaminya padahal dahulu bunga mengucap janji suci dipesta pernikahannya untuk bersama suami sehidup semati, sekali seumur hidup.

jadi ....


" Cinta dapat bertahan karena adanya komitmen atau keinginan insan itu untuk mempertahankannya.."

Cinta mentari dapat bertahan terhadap Jaka karena memang Mentari berkomitmen untuk melanjutkan cinta yang telah mereka bangun saat masih berada di balik jeruji besi hingga sudah berada di luar jeruji besi.

Jadi Cinta itu adalah bagaimana dirumu menyikapinya..

Cinta bersemi di balik jeruji besi Cinta bersemi di balik jeruji besi Reviewed by Dapur Uenak on April 06, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.