Pengalaman tes Pengamatan Fisik dan Keterampilan CPNS Kemenkumham 2017 (Tips lulus murni)



Seleksi Kompetensi Bidang Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK)

Seleksi tahap akhir dari seluruh rangkaian seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2017 adalah Pengamatan Fisik dan Keterampilan. Pada tahapan tes ini kamu akan dilihat secara fisik dan mental. Secara fisik, kamu akan dipastikan bebas dari tatto dan tindik. Kebayang kan bagaimana cara pemeriksaannya? Yaps.. kamu akan disuruh telanjang bulat di suatu ruangan khusus, tapi tenang saja, pemeriksaannya disesuaikan dengan gender masing-masing. Peserta laki-laki akan diperiksa oleh panitia laki-laki pula dan begitu sebaliknya. 

Proses selanjutnya adalah pengamatan mental, kepribadian dan keterampilan kamu guys..

Dalam ruangan ada 10 orang penguji, yang dibagi menjadi 5. Jadi ada 5 meja yang masing-masing terdiri dari 2 penguji. dalam 1 meja terdapat 2 penguji yang terdiri dari 1 perwakilan dari panitia pusat ( jakarta sono guys) dan 1 dari panitia daerah. Eselon para penguji juga nggak sembarangan guys, rata-rata eselon I dan eselon II. 

Tidak ada sistem titipan, karena pengujinya juga akan diacak dan akan diadakan pengundian terlebih dahulu untuk menentukan pasangan antara panitia pusat (panpus) dan panitia daerah (panda), cukup adil dan transparan bukan?

Saat pengamatan mental, kepribadian dan keterampilan akan dilakukan dengan sistem wawancara, nah sebagai gambaran umumnya dapat simak tips berikut:

TIPS:

Saat sesi wawancara, penguji akan menanyakan seputar jabatan yang kamu lamar, apa yang kamu ketahui tentang jabatan yang kamu lamar, penguji akan memastikan integritas diri kamu.


Ingat saat menghadapi penguji, tatap dengan lembut penguji, agar kamu dianggap serius ketika diajak berbicara. Jangan sesekali menunduk atau memalingkan pandangan saat ditanya ataupun saat memberikan jawaban. 

Pertanyaannya masih akan sangat berhubungan ketika kamu mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT dengan materinya Tes Karakteristik Pribadi (TKP) jadi jangan lupakan itu tetapi bukan berarti pertanyaan yang akan keluar sama persis dengan materi SKD, cuma cara kamu menjawab soal SKD (pada soal TKP) menjadi acuan atau gambaran dalam menjawab pertanyaan dalam sesi wawancara. 

Pertanyaan yang sering muncul biasanya

Apa motivasi kamu melamar di kemenkumham?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus jawab dengan jawaban yang realistis saja. Kebanyakan orang akan menjawab ingin mengabdi kepada Bangsa Indonesia, Ingin memajukan Bangsa Indonesia melalui kemenkumham, ingin mengaplikasikan ilmu kepada masyarakat, dan jawaban yang menurut saya terlalu jumawa lainnya.. 

Mengapa saya katakan jumawa? 

Apakah kamu sudah yakin dapat berkontribusi secara maksimal terhadap negara? apakah kamu sudah tepat membayar kewajiban kamu berupa pajak? 

Jawablah serealistis mungkin, dengan ingin mendapatkan pekerjaan tetap, tertarik dengan pensiun yang dapat digunakan untuk jaminan hari tua, kalau kamu punya keinginan jangka pendek seperti menikah, ungkapkan saja dengan adanya pendapatan tetap membuat kamu tidak was-was dalam menyiapkan biaya pernikahan ditengah pasang surutnya ekonomi di Indonesia, atau jika kamu menjadi tulang punggung keluarga, dapat membantu menanggung biaya keluarga dengan pendapatan tetap tanpa perlu rasa khawatir.

Gambarkan dengan satu kalimat tentang diri anda!

Cari atau pilih satu kata atau kalimat yang benar-benar menggambarkan diri kamu, seperti " Tekun", atau " Pantang menyerah" dan lain sebagianya, berikan penjelasan singkat tentang kata tersebut berdasarkan pengalaman pribadi kamu mengapa kamu dapat mengatakan bahwa diri kamu sesuai dengan satu kata tersebut!

Apa yang anda lakukan setelah menjadi pegawai di lingkungan kemenkumham?

Jawab saja bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan, serta menaati peraturan yang berlaku! Alangkah baiknya kamu mengetahui tugas dan tanggung jawab formasi yang kamu lamar. Dengan mengetahui terlebih dahulu, penguji yakin kamu memiliki keingin tahuan yang tinggi terhadap formasi/jabatan yang kamu lamar.

Jika ada teman anda melanggar aturan, apa tindakan anda?

Kapasitas kamu disini adalah menjadi bawahan, jika kamu melihat teman yang melanggar aturan, entah itu teman sesama bawahan apalagi senior atau atasan kamu, bukan kapasitas kamu untuk menegurnya. Ada bagian atau orang yang berhak atau memiliki kewenangan untuk menegur dan mengatasinya. Kamu cukup jawab untuk tidak mengikuti prilakunya yang menyimpang dan tetap melakukan tugas dan tanggung jawab sesuai aturan yang ada, apabila jawaban kamu disanggah dengan pertanyaan Walaupun kamu dimusuhi teman kamu?

Jawab saja dengan tegas Siap!

Jawaban tersebut untuk mencerminkan kalau kamu adalah pribadi yang konsisten dan teguh pendirian terhadap aturan. 

Untuk keterampilannya, usahakan menampilkan keterampilan yang sesuai dengan formasi/jabatan yang kamu lamar, seperti bela diri adalah keterampilan yang relevan untuk penjaga tahanan. Nilai plusnya apabila kamu dapat menunjukkan sertifikat keterampilan tersebut. Panitia tidak menyediakan peralatan sebagai sarana untuk menampilkan keterampilan kamu, jadi bawa sendiri. Walaupun tidak pernah ikut paskibraka, kamu persiapkan saja ilmu tentang baris ber baris (PBB) karena saya juga disuruh memperagakan kemampuan baris ber baris.
Hasil Tes Pengamatan Fisik dan Keterampilan (PFK) dapat kamu lihat hari itu juga setelah semua peserta selesai mengikuti tes pada hari dan sesi itu. Nilai PFK saya adalah 89,90. 

Setelah kamu mengetahui hasilnya, dapat kamu lakukan hitungan atau riset kecil-kecilan untuk mengetahui hasil integrasi antara SKD dan SKB. Ketentuan pada tes tahun 2017 ini adalah 40% SKD+ 60% SKB. 

SKD = A/500 x 100 = D
SKB 1= B/100 x 50 = E
SKB 2 = C/100 x 50 = F

Total SKB = E + F = G

40% SKD = D/100x 40 = H
60% SKB = G/100 x 60 = I

Nilai Akhir = H+I

 Keterangan: 
A = Nilai CAT SKD
SKB1= Nilai Kesamaptaan
SKB 2 = Nilai PFK

Angka 500 tersebut didapat karena nilai tertinggi untuk CAT SKD adalah 500
Sama juga pengertiannya untuk angka 100.


Pengalaman tes Pengamatan Fisik dan Keterampilan CPNS Kemenkumham 2017 (Tips lulus murni) Pengalaman tes Pengamatan Fisik dan Keterampilan CPNS Kemenkumham 2017 (Tips lulus murni) Reviewed by Dapur Uenak on November 19, 2017 Rating: 5

80 comments:

  1. Kak saya mau tanya, apakah tes keterampilan harus diperagakan semua? Misalnya saya punya keterampilan karate atau CPR. Apakah saya harus mempraktekkannya?

    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung pengujinya aja mba, ada yg diminta untuk diperagakan, ada yg cuma dilihat sertifikatnya saja, tapi kebanyakan diminta untuk diperagakan untuk dilihat apakah benar-benar memiliki kemampuan tersebut..

      Delete
  2. Bagaimana Lulusan terbaik dari SKD, apakah di wajibkan ikut Tes SKB,,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib mas, jika masnya mau lulus..
      Anggap saja nilai SKD masnya 500 ya?
      Jadi SKD= 500/500x100= 100
      Kelulusan akhir:
      40% SKD+ 60% SKB:
      40% x 100 + 0 = 40
      Jadi nilai akhir mas cuma 40..

      Mampu tidak digunakan untuk bersaing nilainya mas?
      Semoga membantu.. 🙏😊

      Delete
    2. Apakah pengamatan fisik cuma pemeriksaan tatto dan tindik saja? Tidak ada pemeriksaan yang lain?

      Delete
    3. Iya pemeriksaan tatto dan tindik saja karena pemeriksaan kesehatan lainnya dilaksanakan di RS saat mencari surat keterangan sehat untuk pemberkasan ulang setelah dinyatakan lulus.

      Delete
    4. Apa benar telanjang bulat min? Mmm aku ragu klo harus telanjang bulat soalx aku ga biasa diliatin orng bgitu. Apakah ada kemungkinan tidak telanjang bulat min , kaya pake cd atau boxer aja ? Tlong jawabanx,. Makasih

      Delete
    5. Iya waktu saya tes telanjang bulat, tapi tidak dijadikan 1 ruangan, diperiksanya sendiri² dan dikamar mandi pula...

      Delete
  3. Izin bertanya.. apakah gigi diperiksa juga pak?

    ReplyDelete
  4. Izin bertanya ka. Untuk formasi sipir apakah mata minus akan mengurangi penilaian? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mata minus tidak menjadi masalah dan tidak mengurangi penilaian..

      Delete
  5. Replies
    1. Kak kalau untuK formasi penjaga tahanan,kalau saat tes keterampilan apa bisa ya menampilkan ketrampilan komputer, apakah harus bawa laptop saat tes apa cuma bawa sertifikat aja

      Delete
    2. Boleh saja, cukup di bawa sertifikatnya saja, atau kalau mau lebih meyakinkan, bawa saja laptopnya...

      Delete
  6. Kak boleh minta no wa nya gak? Untuk nanya" seputar skb kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa hub melalui menu kontak ya..
      Atau akun sosmed di bawah..

      Delete
  7. Kak boleh minta no wa nya gak kak? Plis kak
    Butuh pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa hub melalui menu kontak ya..
      Atau akun sosmed di bawah..

      Delete
  8. kak mau tanya kalo tes keterampilan selain formasi penjaga tahanan seperti apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. SKB selain penjaga tahanan itu biasanya via CAT atau ada yg buat sebuah aplikasi ( jika diminta) bagi bagian yg dilamar adalah teknologi informasi. Untuk Soal SKBnya biasanya menyangkut formasi yang dilamar, jika instansi yang dilamar adalah Kemenkumham, maka kemungkinan soal SKBnya adalah seputar hukum, ham dan peraturan perundang-undangan.

      Delete
  9. Kak klau kita tidak mempunyai keterampilan karate gimana kak?
    Solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keterampilan lain boleh juga selama relevan dengan formasi yang dilamar, misal baris berbaris..

      Delete
    2. kalo ga punya keterampilan gimana kak ?

      Delete
  10. Min kalau memiliki bekas luka berbentuk seperti daging tumbuh dan memiliki gigi berlobang dan mata minus apa bisa mengurangi nilai pengamatan fisik dalam tes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Min kalau memiliki bekas luka berbentuk seperti daging tumbuh dan memiliki gigi berlobang dan mata minus apa bisa mengurangi nilai pengamatan fisik dalam te

      Delete
  11. Min kalau memiliki bekas luka berbentuk seperti daging tumbuh dan memiliki gigi berlobang dan mata minus apa bisa mengurangi nilai pengamatan fisik dalam te

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bekas lukanya tidak mengganggu pekerjaan nantinya, tidak masalah..
      Gigi berlubang dan mata minus tidak menjadi masalah kok..
      Optimis saja..

      Delete
  12. Min kalau memiliki bekas luka berbentuk seperti daging tumbuh dan memiliki gigi berlobang dan mata minus apa bisa mengurangi nilai pengamatan fisik dalam te

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mengurangi nilai, asal tidak bertindik dan bertato saja dan ga ada bekas operasi yang baru...

      Delete
  13. Min kalau tidak ada surat keterampilan karate dan baris bebaris gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah selama panitia memperbolehkan, dan ada juga panitia hanya menyuruh mempertunjukkan keterampilannya saja tanpa meminta sertifikatnya..

      Delete
  14. Min kalau ada farises apakah bermasalah?semisal mengurangi nilai atau paling parah menjadi gugur

    ReplyDelete
  15. Min kalau ada farises apakah bermasalah?semisal mengurangi nilai atau paling parah menjadi gugur

    ReplyDelete
  16. min kalo wanita mempunyai tindik telinga lebih dari satu apakah akan gugur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tau aturan jelasnya tindik yang diijinkan untuk perempuan..

      Delete
  17. Min apakah wanita harus gunting rambut pendek kayak polwan?
    Trus apabila tinggi sesuai 155 tapi berat badan hanya 45kg apakah dpt berpengaruh pada nilainya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat tes tidak harus potong rambut pendek kayak polwan..
      Berat badan tidak masalah karena yang dihitung hanya tinggi badan saja, yang penting sehat saja..

      Delete
    2. Min, apakah pakai tes buta warna min?

      Delete
    3. Tes buta warna saat mencari surat keterangan berbadan sehat di Rumah Sakit saja..

      Delete
  18. Min kalo bagian pemeriksa keimigrasian,punya cacat fisik seperti kaki o, apakah akan gugur?

    ReplyDelete
  19. min apakah wanita formasi penjaga tahanan diwajibkan menampilkan beladirinya? sedangkan dia tidak bisa beladiri. gimana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak diwajibkan ya, namun apabila punya keterampilan bela diri, akan menambah nilai...

      Delete
  20. Bang mau tanya kalau sudah menikah apa bisa lolos unt sipir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada ketentuan untuk status pelamar, menikah atau belum menikah boleh saja semasih umur mencukupi persyaratan..

      Delete
  21. Saran dong min , keterampilan apa yg harus saya tunjukan selain bela diri/baris berbaris. Kalo misalnya pun saya bisa memperagakan keduannya tp tdk ada sertifikat bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajukan dan tunjukkan kalau di perkenankan,dulu saya juga tidak diminta menunjukkan sertifikatnya walau punya, namun disuruh memperagakannya..

      Delete
  22. Min kalau kita ada bekas operasi, bisa mengurangu nilai atau bisa jg gk lulus yaa min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak mengurangi asal bekasnya bukan bekas baru..

      Delete
  23. min kalo telanjang bulat gitu berarti bagian (maaf) kelamin sama anus di cek juga ya? kalo misalkan ada riwayat wasir/ambeien tapi nggak parah, apakah gugur? atau hanya mengurangi nilai? thanks

    ReplyDelete
  24. Bang kawiyana, itu cek tattonya telanjang bulat 1 persatu diruangan tertutup atau 1 ruangan rame rame telanjang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda² tiap kanwil prosesnya ya, kalau saya dulu 1 kamar 1 orang.

      Delete
  25. Halo Mas Kawiyana, saya mau tanya apakah formasi pemeriksa keimigrasian wanita jg menjalani tes kesamaptaan (tes kebugaran fisik) seperti penjaga tahanan, atau lgsg wawancara fisik dan keterampilan? Lalu kalau Mas punya riwayat pertanyaan2 lain yg sering diajukan saat tes wawancara, mgkn dari pengalaman teman2 Mas, saya sangat berharap Mas mau berbagi disini. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  26. Mas kalo berat badan ngaruh sama nilainya g?

    Soalnya saya kurus
    Tinggi 166cm BB 50kg

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu saya dulu BB tidak masalah, yang penting kamu mampu memenuhi kriteria kesamaptaan atau kriteria pfk nya..

      Delete
  27. Mas tes SKB 1 (kesamaptaan) dan SKB 2 (PFK) dilakukan dihari yang sama atau beda?

    ReplyDelete
  28. Mas tes SKB 1 (kesamaptaan) dan SKB 2 (PFK) dilakukan dihari yang sama atau beda?

    ReplyDelete
  29. Kak saya mau nanya, waktu kaka nampilin baris berbaris itu, gerakan apa aja ya kak yg ditampilin? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan panitia yang memberikan saya instruksi/aba²nya...

      Delete
  30. Min, jika pernah patah tulang dan sekarang kondisi kakinya bengkok apakah bermasalah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak masalah asal sudah lama dan tidak mengganggu..

      Delete
  31. Kak, untuk tes bakat itu contoh nya kyk apa kak? Klo gk ada bakatnya gimana?

    ReplyDelete
  32. bang, bsa mnta WA nya atau IG? sya mau tanya2 buat persiapan tes wpfk agustus mendatang. trimakasih

    ReplyDelete
  33. kak mau nanya,kalau sertifikat pramuka apakah bisa jadi bahan penguat nilai?

    ReplyDelete
  34. Izin bertanya, saya punya keterampilan menari dan selalu juara tpi untuk sertifikat dan piala tidak pernah dapat bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipertunjukkan/diperagakan saja, itupun kalau diminta panitia..

      Delete
  35. izin bertanya, jadi saya salah satu peserta cpns kemenkumham sumbar 2019, jadi skb kesempataannya udh selesai, trus saya iseng2 perankingan mandiri dengan hasil tes skd dan kesemaptaan yang ada sesuai dengan presentase nilai yg akan digunakan dalam perangkingan akhir. jadi ternyata saya di posisi 12 dari 20 peserta, dan yg diterima hanya 7 org. kira2 masih ada ga ya kemungkinan buat lolos cpns dengan mengandalkan nilai pada saat wpfk nanti?

    ReplyDelete
  36. Klo mau jdi petugas pemeriksa keimigrasian pemula, apa tes kesamaptaan nya juga sama penilaiannya seperti sipir?

    Saya tidak ada basic di bela diri atau baris berbaris. Tidak ada sertifikat yang bisa ditunjukkan, itu mempengaruhi nilai gk saat tes wawancara nya?

    ReplyDelete
  37. Gan saya ada bekas cacar di kaki, kira kira bisa lolos tes fisik gak ya?

    ReplyDelete
  38. Kak klo patah tangan itu masih bisa jdi sipir tidak

    ReplyDelete

Powered by Blogger.