Tips skripsi cepat kelar

Ilustrasi saat ngerjain skripsi
Skripsi-Proses akhir bagi seorang mahasiswa adalah membuat skripsi. Skripsi adalah tugas akhir sebagai pelengkap nilai-nilai yang diperoleh pada semester-semester sebelumnya. Kondisi ini yang sering membuat mahasiswa tingkat akhir jadi agak sedikit puyeng. Puyengnya kenapa? beragam dan bahkan ada yang skripsinya nggak kelar-kelar karena:


  • Belum nemu judul yang pas
  • Revisi melulu hahaha..
  • Dosen sering main petak umpet dengan kita karena mereka sibuk juga
  • Rasa malas yang terus menggoda

dan masih banyak penghambat yang lainnya..

Bagi siswa-siswi SMA yang merasa betapa senangnya ngerayain kelulusan dengan coret-coret baju atau tembok, belum pernah ngerasain gimana sakitnya ketika skripsi lo dicoret dosen pembimbing lo? hiks,, 
Berhubung saya sudah pernah ngalamin masa-masa gimana puyengnya skripsian, bisa saya berikan tips skripsian seperti yang saya lakukan, semoga dapat membantu kamu ketika skripsian nanti. 

Dulu saya sekolah di salah satu perguruan tinggi swasta di Palangka Raya mengambil perkuliahan sore karena paginya saya bekerja (Kuliah sambil bekerja agar dapat meringankan beban orang tua). Beda ya pengertian kuliah sambil bekerja dengan bekerja sambil kuliah. Kalau kuliah sambil bekerja, kita kuliah terlebih dahulu, karena ingin menambah sumber untuk biaya kuliah maka bekerja paruh waktu menjadi solusinya. Sedangkan kalau bekerja sambil kuliah, status kita memang sudah bekerja bahkan sudah mendapatkan pekerjaan tetap, namun kita ingin menambah ilmu atau ada keinginan untuk penyesuaian ijazah agar mendapatkan kenaikan pangkat/golongan. Begitu kira-kira ya kalau nggak salah.

Masalah awal yang sering dihadapi adalah masalah menentukan judul dan tempat penelitian. Untuk judul saya ambil dari mata kuliah yang paling saya pahami, jadi saya tidak kebingungan dalam menentukan judulnya. 

Masalah tempat penelitian, bersyukur saya diijinkan mengadakan penelitian ditempat saya bekerja yang mana data-data yang saya peroleh merupakan hasil dari pekerjaan saya diperusahaan ( saya bagian akuntingnya jadi saya yang memahami betul data keuangan perusahaan). 

Jadi ambil judul yang berhubungan dengan mata kuliah favorit dan cari tempat penelitian dimana kamu terlibat langsung (menjadi bagian dari struktur organisasi perusahaan) dari perusahaan tersebut untuk lebih memudahkan penelitian. 

Sebelum membuat skripsi, kamu harus sudah rajin mengumpulkan dan membaca bahan bacaan atau literatur sebagai acuan kamu dalam membuat skripsi dan sebagai bahan untuk kamu cantumkan dalam daftar pustaka. 

Setelah judul kamu di acc, kamu akan mulai mengerjakan proposal, jangan malas untuk berkonsultasi dengan dosen pembimbing kamu. Jangan malas membaca literatur yang telah kamu kumpulkan. Semua hal kuncinya adalah usaha, rajin, tekun dan pantang menyerah, saya jamin pasti akan berhasil. Bagi kamu yang susah atur waktu, mulai sekarang buat list kegiatan dari yang terpenting sampai kegiatan yang sebenarnya bisa ditunda atau bahkan boleh tidak dilakukan sama sekali. 

Banyak yang saya temui mengapa banyak yang terkendala saat skripsian, penyebab utamanya adalah banyak yang menyerah duluan karena banyak revisi, dosen susah ditemui, atau bagi yang sambil bekerja udah keburu capek dengan kerjaan. Apapun alasannya tidak ada alasan bagi kamu untuk berhenti ditengah jalan, hadapi terus, semangat. Jangan mau dong menjadi mahasiswa kesayangan, saking disayang dosen, 8 tahun nggak lulus-lulus. hehehe

Kalau sama sekali belum dapat menerapkan seperti yang saya sebutkan di atas hingga judulpun belum ketemu, nggak ada salahnya kamu cari pembimbing lain diluar pembimbing yang diberikan oleh kampus (dosen pembimbing). Bukan memakai jasa pembuatan skripsi, tetapi lebih ke pembimbingan step by step. Dengan cara tersebut jauh lebih baik dan akan memberikan banyak manfaat dibanding dengan cara yang instan. 

Tujuan membuat skripsi adalah melatih diri untuk menyelesaikan masalah dan menarik suatu kesimpulan yang tepat sebagai suatu solusi dari masalah tersebut berdasarkan data-data dan fakta yang kamu temukan dan kamu olah dilapangan. Dan salah satu tujuan saya nulis artikel tentang skripsi ini adalah memenuhi request dari seorang teman yang belum mendapatkan solusi tentang tugas akhirnya. 

Sekian dulu ya tips dari saya, semoga dapat membantu kamu yang lagi skripsian dan semoga skripsi kamu juga cepat selesai dengan hasil yang memuaskan.

Good luck.. 








Tips skripsi cepat kelar Tips skripsi cepat kelar Reviewed by Dapur Uenak on December 19, 2017 Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.