Tugas I Hukum ketenagakerjaan Universitas Terbuka

 



Pertanyaan: 

1. Coba anda uraikan sejarah hukum ketenagakerjaan sebelum proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945

2. Bolehkah perusahaan mempekerjakan anak? Bagaimana ketentuan UU 13/2003 mengatur pekerja anak? Jelaskan!

3. Fulan bekerja sebagai karyawan kantor sebuah perusahaan. Dia bekerja sebagai pegawai PKWT/kontrak dan sudah bekerja selama 2 tahun. Bagaimana ketentuan ketenagakerjaan mengatur tentang PKWT tersebut. Bagaimana pula status Fulan apabila PKWT akan diperpanjang.

Jawab:

1. Masalah ketenagakerjaan di Indonesia pada masa penjajahan Belanda dan Jepang hingga masa Proklamasi 17 Agustus 1945, diwarnai oleh sistem kerja berdasarkan sistem kelas sosial. Pada masa itu dikenal adanya hubungan kerja yang diwarnai oleh sistem perbudakan, kerja rodi, punale sanksi dan peruluran. Untuk mengetahui lebih jauh mari kita pelajari satu per satu. 

A. SISTEM PERBUDAKAN 

Pada masa Pemerintahan Hindia Belanda hubungan kerja diwarnai oleh berlakunya sistem perbudakan. Apa yang disebut perbudakan adalah suatu keadaan di mana seseorang yang disebut budak melakukan pekerjaan di bawah perintah pihak lain, yaitu pemilik budak. Sementara pihak yang disebut budak tidak mempunyai hak atas kehidupannya. Budak diwajibkan melaksanakan segala perintah kerja yang diberikan oleh pemilik budak. Para pemilik budak dalam hal ini adalah satu-satunya pihak yang memiliki hak untuk mengatur dan memberi kerja serta hak lainnya atas budak yang dimilikinya. Pendek kata budak tidak memiliki daya tawar atau kebebasan memilih untuk menerima atau menolak pekerjaan. Dalam hal bekerja, budak tidak memiliki batas waktu jam kerja. Jam kerja budak sepenuhnya dimiliki oleh si pemilik budak. 

Satusatunya kebaikan yang dapat diterima oleh para budak sangattergantung pada keaikan para pemiliknya. Jika ditilik dari aspek yuridis, budak posisinya tidak lebih dari barang milik pihak lain yang dapat diperjualbelikan dan dimiliki secara mutlak kehidupan sosial ekonominya bahkan hidup dan matinya. Pemberianpemberian pemilik budak kepada budaknya seperti pemondokan, makanan serta pemberian lainnya dianggap sebagai kewajiban pemilik budak atau hak dari budak, tetapi merupakan pemberian yang bersifat kebijaksanaan dan didasarkan atas keluhuran budi pemilik budak. Sistem perbudakan pada masa sebelum proklamasi telah berlangsung lama dan memiliki akar sejarah dengan berlakunya sistem kelas sosial pada masyarakat Indonesia. Kebijakan politik Hindia Belanda berkaitan dengan masalah perbudakan ini, baru mulai diperhatikan. Perbudakan mulai diatur dengan terbitnya peraturan pada Tahun 1817, yang isinya mengatur pengiriman budak ke pulau Jawa dari luar pulau Jawa. Pengaturan itu pun masih sebatas pengaturan untuk membatasi bertambahnya jumlah budak di pulau Jawa. Pengaturan lebih lanjut baru terjadi pad

Tahun 1825, ketika Pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan peraturan untuk membatasi jumlah pemilik budak dan kepemilikan budak serta mengatur kewajiban-kewajiban para pemilik budak terhadap budak yang dimilikinya. Dalam peraturan tersebut diatur sekurang kurangnya ada lima hal pokok, yaitu sebagai berikut. Pertama, budak yang telah kawin atau berumah tangga, tidak boleh dipisahkan dari anak dan istrinya. Kedua, mulai dilarang adanya perdagangan budak dan mendatangkan budak dari luar Hindia Belanda. Ketiga, mengatur hal-hal yang dapat membebaskan budak. Keempat, mengatur kewajiban untuk memberi makan, pakaian, dan upah. Kelima, mengancam dengan pidana jika terjadi penganiayaan terhadap budak dan juga ancaman pidana bagi budak yang meninggalkan pekerjaan atau menolak pekerjaan yang layak. Setelah terbit peraturan tentang pengaturan pemilik budak dan kepemilikan budak tersebut, pada Tahun 1854 pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan peraturan yang disebut Regeringsreglement (RR) yang menetapkan penghapusan perbudakan. Pada ketentuan Pasal 115 RR tersebut menetapkan bahwa paling lambat pada tanggal 1 Januari 1860, perbudakan di seluruh Hindia Belanda dihapuskan. 

B. SISTEM KERJA PAKSA ATAU RODI 

Meskipun Pemerintah Hindia Belanda menerbitkan peraturan penghapusan perbudakan, namun dalam praktik sistem perbudakan terus terjadi. Bahkan terdapat pola kerja yang jauh lebih kejam ketimbang perbudakan, yakni berlakunya sistem kerja paksa atau kerja rodi. Sistem kerja paksa atau kerja rodi adalah sistem kerja yang diberlakukan secara kolektif dalam bentuk satuan desa, suku atau kerajaan atau untuk keperluan raja. Pekerjaan ini pada mulanya berbentuk gotong-royong, namun dalam perkembangannya sistem gotong-royong ini berubah menjadi kerja paksa untuk kepentingan seseorang atau pihak lain dengan tanpa upah. Peristiwa kerja paksa semasa Pemerintah Hindia Belanda, di antaranya terjadi untuk kepentingan pembangunan pabrik, benteng, jalan dan perumahan yang semuanya untuk kepentingan Pemerintahan Hindia Belanda. Sampai kini, kerja paksa yang terus diingat banyak orang adalah kerja paksa semasa Heandrik William Deandels menjabat sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada Tahun 1807-1811. Pada saat itu kerja paksa untuk kepentingan pembuatan jalan dari Anyer provinsi Banten hingga Panarukan di Jawa Timur. Bisa dibayangkan berapa banyak korban yang meninggal ketika itu. Pada dasarnya kerja paksa atau kerja rodi itu lebih kejam dari perbudakan, mengingat dalam kerja rodi mereka tidak diberi makan dan pemondokan sebagaimana dalam perbudakan. Pada zaman penjajahan Jepang kondisi kerja paksa makin parah. Rakyat yang disuruh kerja paksa (romusa) untuk membangun jalan, jembatan, bandar udara dan kepentingan pemerintah pendudukan lain tanpa upah. Mereka diberi sanksi fisik yang keras apabila lamban bekerja, sementara makanan yang diberikan tidak memadai. Situasi tersebut membuat banyak pekerja/buruh yang jatuh sakit bahkan meninggal dunia di lokasi pekerjaan. 

C. PUNALE SANKSI 

Pada masa Pemerintahan Hindia Belanda, selain perbudakan dan kerja paksa, dikenal pula istilah punale sanksi. Punale Sanksi adalah hukuman yang diberikan kepada pekerja karena meninggalkan atau menolak melakukan pekerjaan tanpa alasan yang dapat diterima dengan pidana denda antara Rp16,00 (enam belas rupiah) hingga Rp25,00 (dua puluh lima rupiah) atau dengan kerja paksa selama 7 hari hingga 12 hari. Punale sanksi merupakan produk dari terbitnya Agrarische wet (Undang-undang Agraria) Tahun 1870 yang isinya mendorong munculnya perkebunan-perkebunan swasta besar sehingga membutuhkan pekerja/buruh dalam jumlah banyak. Agar perkebunan memperoleh jaminan bahwa pekerja/buruh tetap melakukan pekerjaannya maka dikeluarkan Algemene Polite Strafreglement (Stbl 1872 Nomor 3 ) yang memuat punale sanksi. Jika dilihat dari aspek yuridis, punale sanksi memberi kedudukan yang tinggi pada para pengusaha dan mudah untuk disalahgunakan karena posisi kerja/buruh yang lemah dan kurangnya pengawasan dalam bidang ketenagakerjaan. Melihat punale sanksi yang amat memberatkan bagi para buruh perkebunan, membuat parlemen Belanda melakukan kecaman terhadap pemberlakuan punale sanksi sehingga pada Tahun 1879 punale sanksi dicabut. Namun, satu Tahun selepas dicabutnya punale sanksi, yakni pada Tahun 1880 di Sumatera Timur keluar peraturan yang serupa dengan punale sanksi yang disebut Koeli Ordonnantie. Pada Tahun-Tahun berikutnya peraturan serupa juga diberlakukan untuk daerah-daerah lain. Peraturan tersebut baru dicabut pada Tahun 1941 dan baru mulai diberlakukan pada tanggal 1 Januari 1942. 

D. SISTEM PERHAMBAAN & PERULURAN

Selain perbudakan, kerja paksa dan punale sanksi sebagaimana telah diuraikan di atas, dikenal pula adanya sistem kerja perhambaan. Perhambaan (pandelingschap) adalah peristiwa di mana seseorang meminjam sejumlah uang dengan cara menggadaikan dirinya sendiri atau orang lain yang berada di bawah kekuasaannya, biasanya anaknya, untuk melakukan pekerjaan di bawah perintah orang yang meminjamkan uang tersebut hingga hutangnya lunas. Pekerjaan yang dilakukan untuk kepentingan orang yang meminjamkan uang ini dapat dijadikan cara untuk melunasi hutang atau bisa juga hanya untuk sekedar membayar bunga hutang. Sedangkan sistem peruluran terjadi pada zaman Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen berkuasa. Pada masa itu pemerintah Hindia Belanda membagi tanah-tanah kosong untuk dijadikan kebun (perk) kepada orangorang yang disebut perkenir atau ulur. Para perkenir tidak lain adalah buruh tani yang tidak punya lahan. Selama perkenir berada di kebun dan menggarapnya maka dia dianggap sebagai pemiliknya, tetapi apabila meninggalkan kebun maka haknya akan hilang. Namun, para perkenir diharuskan menanam tanaman yang hasilnya harus dijual kepada kompeni yang harganya telah ditetapkan oleh kompeni secara sepihak. Demikianlah gambaran singkat wajah hitam sistem ketenagakerjaan masa sebelum masa Proklamasi 17 Agustus 1945. Lalu bagaimana perkembangan setelah Proklamasi 17 Agustus 1945. Mari kita kaji perkembangan ketenagakerjaan setelah masa kemerdekaan.

2. Pekerja anak adalah bagian dari anak yang bekerja (working children) namun yang tidak sesuai dengan aturan ketenaga kerjaan dan konvensi ILO. Sebab pada dasarnya, anak-anak, yaitu mereka yang menurut UU No.23 tahun 2002 berusia 18 tahun ke bawah, tidak boleh bekerja kecuali keadaan terpaksa yang disebabkan adanya persoalan ekonomi dan sosial dari (keluarga) anak yang tidak menguntungkan. Ini berarti dalam situasi darurat, seorang anak boleh bekerja tetapi itupun dengan tidak boleh menyimpang dari ketentuan yang diatur dalam UU.

Berdasarkan UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan disebutkan bahwa usia anak yang bekerja (working children) tidak boleh kurang dari 13 tahun dan hanya boleh bekerja pada jenis-jenis pekerjaan ringan yang tidak membahayakan fisik, mental, dan moral anak. Syarat lainnya jam kerja bagi anak usia 13 hingga 15 tahun yang bekerja tidak boleh lebih dari 3 jam dalam sehari atau 15 jam dalam seminggu dan harus seizin orang tua. Sementara anak yang berusia antara 15 hingga 17 tahun hanya boleh bekerja maksimal 40 jam dalam seminggu dan tetap harus seizin orang tua. Disamping itu anak juga harus tetap bersekolah.

3. Meurut UU No. 13/2003 pasal 59 ayat 4, Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) hanya boleh dilakukan paling lama 2 (dua) tahun dan hanya boleh diperpanjang 1 (satu) kali untuk jangka waktu paling lama 1 (satu) tahun. Pengusaha/perusahaan yang bermaksud memperpanjang PKWT tersebut, harus memberitahukan maksudnya untuk memperpanjang PKWT aecara tertulis kepada pekerja yang bersangkutan, paling lama 7 (tujuh) hari sebelum PKWT berakhir. Jika pengusaha tidak memberitahukan perpanjangan PKWT ini dalam waktu 7 (tujuh) hari maka perjanjian kerjanya batal demi hukum dan menjadi Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT),  seperti yang diatur dalam UU No 13/2003 pasal 59 ayat 5. Status Fuan apabila PKWT diperpanjang hanya boleh diperpanjang 1 (satu) kali untuk jangka waktu 1 (satu) tahun. PKWT hanya dibuat untuk paling lama 3 (tiga) tahun. PKWT yang dilakukan melebihi waktu 3 (tiga) tahun, maka perjanjian kerjanya batal demi hukum dan menjadi PKWTT dengan kata lain menjadi Karyawan Tetap.


Tugas I Hukum ketenagakerjaan Universitas Terbuka Tugas I Hukum ketenagakerjaan Universitas Terbuka Reviewed by Dapur Uenak on January 19, 2021 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.