Orientasi Tahap I CPNS Kemenkumham T.A 2017

Orientasi Tahap I CPNS Kemenkumham TA. 2017

Orientasi CPNS Kemenkumham- Waktu yang saya tunggu akhirnya tiba juga, yaitu orientasi CPNS Kementerian Hukum dan HAM. Orientasi pertama dilaksanakan di Gedung Kshirarnawa Taman Budaya Art Centre Denpasar selama 5 hari dimulai dari Senin, 22 Januari 2017 hingga tanggal 26 Januari 2017. 

Acara orientasi di hadiri oleh semua Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Bali dan beberapa tamu undangan seperti Bapak Gubernur Bali yang kebetulan diwakili oleh Bapak Kepala Badan Kepegawaian Provinsi Bali, Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, Bapak Kepala Ombudsman Bali dan para pejabat madya dan pratama Kemenkumham Bali. 

Pembekalan pertama kali di sampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali dengan pemaparan Beliau tentang penerimaan CPNS dari tahap awal hingga sampai tahap orientasi. 

Pembekalan kembali dilanjutkan oleh Bapak Gubernur Bali yang diwakili oleh Bapak Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Bali yaitu Bapak Rochineng. Beliau menyebutkan bahwa kedudukan CPNS masih belum kuat, jika para CPNS tidak disiplin dalam menjalankan tugasnya maka atasan akan dengan sangat mudah untuk " Say good bye" kepada CPNS yang telah melakukan pelanggaran dari tingkat sedang apalagi berat. 

Acara puncak dari pembukaan orientasi CPNS Kemenkumham TA 2017 adalah teleconfrence dengan Bapak Kepala BKN, Kepala LAN, Menpan-RB, dan Bapak Menteri Hukum dan HAM. Teleconfrence ini dilakukan serentak di seluruh Kanwil Kemenkumham se-Indonesia. 

Untuk CPNS TA 2017 menurut Bapak Sekjen Kemenkumham harus tetap menggunakan seragam putih hitam selama menjadi CPNS, yang berhak menggunakan seragam dinas adalah CPNS yang telah lulus 100% dan telah diambil sumpahnya menjadi PNS yang berintegritas untuk menjadi harapan besar penerus Kemenkumham Indonesia. 

Padahal saya sudah jahit seragam dinas dan mempersiapkan segala atribut kedinasannya, namun dengan adanya instruksi tersebut terpaksa saya simpan dulu pakaian dinasnya dan semoga masih muat ketika dipakai satu tahun nanti. 🤣





Orientasi pada hari pertama berlangsung dari pukul 07.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita. Begitu juga pada orientasi hari kedua diisi dengan kegiatan dinamika kelompok dan Latihan Baris Berbaris serta pengetahuan dasar tentang tata cara upacara sipil. Pakaian yang digunakan adalah baju kaos oblong warna putih, celana training hitam dan sepatu olah raga ( Khusus untuk Kanwil Kemenkumham Bali), bagi kanwil lain mayoritas menggunakan kaos bela negara sebagai atasannya.


kawiyana89.blogspot.co.id
Dinamika Kelompok

Sebelum menuju ke lapangan, peserta orientasi diberikan materi di dalam kelas berupa kedisiplinan mulai dari arti kata maupun implementasinya, selain materi tersebut juga ditekankan tentang integritas dan etos kerja agar para CPNS tidak gentar menghadapi segala risiko pekerjaan nantinya. 

Dinamika kelompok diisi dengan acara berupa game oleh widyaswara dari Kementerian Agama Provinsi Bali. Game yang intinya untuk saling mengenal satu sama lain dan menambah keakraban bagi para CPNS sebelum nantinya menyebar ke tempat tugas masing-masing. Semua formasi digabung entah dari imigrasi maupun dari pemasyarakatan membaur menjadi satu tanpa ada yang terkotak-kotakkan lagi.



Latihan Baris berbaris


Nah saat-saat seperti ini ya harus siap nggak siap untuk berjemur di bawah terik matahari untuk belajar tentang baris berbaris. Tujuannya adalah agar CPNS dapat memahami dan mengaplikasikan ilmu baris berbaris ini dalam pelaksanaan Tata Upacara Sipil (TUS). Pesan moral yang terdapat dalam pelajaran baris berbaris ini adalah membangun jiwa disiplin, kekompakan, menghindarkan dari sikap apatis karena mengutamakan kebersamaan dan kesamaan irama gerakan, bekerja sama dengan baik. 


Kawiyana89.blogspot.co.id
Latihan Tata Upacara Sipil

Rangkaian terakhir kegiatan orientasi pada hari kedua adalah pengetahuan dan pelatihan tentang dasar dan Tata Cara Upacara Sipil. Sebagai bagian dari Aparatur Sipil Negara, maka CPNS akan selalu berhadapan dengan upacara, khususnya upacara bendera. 

Rasa lelah berjemur tidak mengurangi rasa senang dan bangga saya karena rasa syukur lebih besar dibanding rasa lelah tersebut. 

Materi terakhir yang diberikan pada hari ke lima adalah materi tentang Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, lengkap sudah semua divisi dibahas pada hari terakhir orientasi tahap I ini.

Waktu yang ditunggu-tunggu adalah hari terakhir orientasi tahap I karena pada saat penutupan Orientasi Tahap I ada penyerahan SK CPNS dan dalam SK tersebut terdapat unit tugas masing-masing. Satu per satu SK diserahkan ke CPNS sambil berjabat tangan dengan Bapak Ka Kanwil Bali, Para Kepala Divisi, Pejabat Pratama dan Madya, dan para Ka UPT. 



Orientasi Tahap I CPNS Kemenkumham T.A 2017 Orientasi Tahap I CPNS Kemenkumham T.A 2017 Reviewed by Dapur Uenak on January 23, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.